Slider[Style1]

binjai smart city

Style2

lsm peka

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Asahan,MebidangNews : Limbah pabrik perusahaan pengolahan minyak sawit PT Sintong Abadi dituding mencemari daerah sekitar tempat perusahaan berdiri, di jalan lintas Sumatera (Jalinsum) Hessa Air Genting Kecamatan Air Batu Kabupaten Asahan. Pasalnya, limbah cair yang dialirkan kesaluran (parit) pembuangan menimbulkan aroma tidak sedap yang sangat menusuk. "Kalau dilihat secara kasat mata, pengolahan limbahnya tidak sesuai dengan standart. Airnya hitam dan baunya sangat menusuk hidung. Limbah terindikasi berbahaya dan beracun," kata Husni Mustofa Ketua Lingkar Mahasiswa Asahan (LIMA) kepada media, di Kisaran, Selasa (12/2)

Terkait persoalan limbah itu, pihak perusahaan belum bisa memberikan keterangan. Saat dikonfirmasi, pimpinan dan pihak perusahaan yang berwenang sedang tidak berada ditempat. "Pimpinan sedang tidak ada ditempat. Saya tida bisa menjawab, karena takut tidak sesuai. Lagi pula itu bukan kewenanangan saya. Nanti saja, akan kami hubungi kembali," kata Sitorus yang berada di pos Satpam

Sementara itu, menurut Plt Kadis Kominfo Pemkab Asahan, Rahmat Hidayat Siregar, mengatakan bahwa limbah PT Sintong yang dialirkan ke saluran pembuangan akhir sudah tidak berbahaya lagi. Hal itu diketahui dari hasil uji laboratorium yang dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) secara berkala. "Setahu saya, dari hasil uji laboratorium, limbah yang mereka buang sudah tidak lagi mengandung racun dan tidak membahayakan. Karena hasil uji lab, limbah yang dialirkan sudah sesuai dengan ambang batas mutu air," katanya.

Kendati demikian, Dayat menyarankan kepada warga setempat supaya menginformasikan kepada pihak perusahaan, jika mengetahui limbah yang dibuang ternyata menimbulkan bau atau mengakibatkan gangguan penyakit, seperti iritasi pada kulit dan lainnya. "Kalau warga merasa limbahnya membahayakan, silahkan saja lapor kepada perusahaan. Karena, takutnya ada pipa pengolahan limbah yang bocor dan tidak diketahui perusahaan. Makanya, di koordinasikan saja dengan perusahaan," tandasnya.(Azhar Nasution)

Ket foto : air limbah yang hitam dan bau busuk

binjai smart city

About Mebidangnews.com

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

Tinggalkan Komentar Anda

comments

Top