Slider[Style1]

binjai smart city

Style2

lsm peka

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5


Buaya Milik Firman yang diamankan Tim BKSA Sumut

MebidanNews | Binjai - Buaya muara atau (Crocodylus porosus) berusia  13 tahun diaman kan Tim BKSA Sumatra Utara  dari rumah  Firman warga di Jalan Ar Hakim, Gg AR Hakim VI Kel Nangka, Kec Binjai Utara, Senin (17/10). Buaya tersebut sudah dipelihara Firman sejak tahun 2003 lalu.

Kepala Seksi Wilayah II BKSA Sumut Harbert Aritonang mengatakan, buaya yang dievakuasi tersebut merupakan jenis buaya muara yang merupakan satwa liar yang dilindungi oleh undang-undang. Dengan adanya informasi buaya yang dipelihara warga sejak tahun 2003 lalu, pihaknya langsung melakukan evakuasi.

“Pemilik buaya tersebut bersedia, untuk menyerahkan buaya ini. Selanjutnya  buaya ini akan kita bawa ke penangkaran buaya di Asam Kumbang,” terangnya
Masih katanya, berdasarkan undang-undang nomor 5, tahun 1990 tentang konservasi sumber daya alam abati dan ekosistem, yang menyebutkan kalau hewan yang dilindungi dilarang untuk dipelihara atau dimiliki oleh warga tanpa ada surat izin yang resmi.“kalau pemiliknya tidak mau, bisa di hukuman dengan pidana 5 tahun penjara dan denda Rp 100 juta,”ujarnya

Pantauan di lapangan, evakuasi buaya tersebut mendapat perhatian warga sekitar. Sedangkan tim BKSA bersama dua orang pawang, tampak kesulitan mengevauasi buaya tersebut. Untuk mengeluarkan buaya, tim terpaksa menjebol pintu besi kandang buaya tersebut.

Setelah pintunya berhasi dijebol,  barulah tim BKSA mengevakuasi buaya tersebut dengan menggunakan bambu dan tali, untuk membawa buaya tersebut keluar dari kandang.

Walau petugas telah berhasil membuka sisi kanan kandang tersebut, evakuasi  masih belum berjalan mulus.  Buaya tersebut, melakukan  perlawanan dengan berkali-kali berputar dalam air  dan kayu yang dipakai pawang buaya tersebut sempat  patah.Walau melakukan perlawanan, buaya dengan panjang kurang lebih Enam meter dan dengan berat  150 kg tersebut akhirnya bisa dievakuasi.(M.1)


binjai smart city

About Mebidangnews.com

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

Tinggalkan Komentar Anda

comments

Top