Slider[Style1]

binjai smart city

Style2

lsm peka

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5


MebidangNews.Com | BINJAI Di hadapan orangtua  SMK Negeri  2  Binjai  (21/9), Herwadi dan Binsar Butar-Butar  menyatakan bahwa peran orangtua amat penting dalam kerangka penguatan insan dan ekosistem pendidikan di Kota Binjai  secara keseluruhan di Indonesia.
                                  
Menurutnya, elemen utama dalam ekosistem pendidikan yang terdekat dengan anak, adalah orangtua yang mempunyai banyak keunggulan dan kesempatan untuk menjadi berdaya membentuk perilaku dirinya dan anak dalam keluarga.

“Ini sesuai  misi presiden yakni mencerdaskan kehidupan bangsa. Bukan hanya membikin anak pandai dan cerdas, tapi juga  membuat kehidupan warga yang cerdas. Jadi yang harus dicerdaskan itu ekosistemnya, “ kata Herwadi

Kepala SMK 2  Binjai Drs Amri Chairil Anwar mengatakan, kebutuhan untuk menguatkan insan dan ekosistem pendidikan dan kebudayaan yang berkarakter dilandasi semangat gotong royong termasuk di dalamnya orang tua sejalan dengan harapan program Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) dengan kerangka strategi Kemdikbud 2015-2019 yang menekankan pada 3 pilar strategi.

“Pertama penguatan pelaku pendidikan, yakni siswa guru, kepala sekolah dan orangtua. Kedua, percepatan peningkatan mutu dan akses pendidikan, ketiga, pengembangan efektifitas birokrasi melalui perbaikan tata kelola dan keterlibatan publik,” imbuh Amri

Amri  yang di kenal sebagai kepala sekolah cukup kreatif ini mengungkapkan bahwa tujuan utama dari dukungan pendidikan untuk orang tua dan keluarga, pertama orangtua yang sadar, memahami, peduli dan terlibat pendidikan anaknya. Kedua, orang tua mempunyai peran aktif, mendorong dan memberikan stimulus dan mendampingi anak atau peserta didik.

“Intinya kerja sama dan bersinergi antara sekolah dengan orangtua siswa untuk pendampingan dalam kegiatan belajar demi suksesnya pendidikan dan cita-cita yang ingin dicapai sehingga kelak menjadi keluarga yang sejahtera,”  jelasnya.

Dikatakan olehnya bahwa hal itu tentunya akan melahirkan percepatan peningkatan kesadaran dan keberdayaan orang tua dan keluarga dalam memanfaatkan dan memilih berbagai layanan pendidikan yang disediakan oleh Pemerintah dan masyarakat.

 “Proses pendidikan akan berhasil bila keseluruhan ekosistem di sekeliling anak bergerak selaras dan tidak saling menegasi,” pungkasnya. (ian)


binjai smart city

About Mebidangnews.com

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

Tinggalkan Komentar Anda

comments

Top