Slider[Style1]

binjai smart city

Style2

lsm peka

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5



Mebidang News | Binjai - Makanan adalah simbol nasionalisme yang menjadi identitas, martabat, dan jati diri suatu bangsa. Karena didalamnya ada sejarah, budaya, dan lanskap geografi yang melahirkan kearifan lokal.

Dengan memperhatikan kearifan lokal ini, potensi makanan lokal dapat dioptimalkan dan Indonesia bisa menjadi negara yang kuat karena seni masakannya. Begitu juga di Medan seperti makanan khas Karo, 

Cimpa

Cimpa, yang biasanya dihidangkan pada saat pesta adat perkawinan dan maknanya ada, namun sayang kini tradisi itu sudah mulai ditinggalkan. Pemahaman masyarakat terhadap makanan baru sekedar makna sekunder dan simbolisme atau sebatas mengenyangkan perut saja.

Demikian hal ini disampaikan oleh Pendiri Indonesian Gastronomy Association (IGA) Indra Ketaren di Medan, Sabtu (10/9/2016). Indra mengatakan bahwa dalam perjalanan sejarah, makanan itu berperan secara nyata sebagai suatu industri kreatif yang memiliki konstribusi sangat besar bagi pembangunan ekonomi. Mengkaji dan menilai makanan tak hanya dari resep atau rasa saja, tapi sejarah dan budaya juga.

“Dalam gastronomi penikmat makanan menjadi subjek dan objeknya adalah makanan dan dikupas lebih mendalam mulai sejarah hingga lanskap geografis,” katanya. Ia mengatakan perkembangan gastronomi belum banyak di Indonesia sehingga negeri ini seperti kurang tahu mengenai peta makanan sendiri. “Baru lima ribu resep yang tertulis dari 1.344 suku di Indonesia dan resep asal Sumut belum ada, untuk itu kepada generasi muda harus mampu melestarikan dan menjaganya,” kata Indra. Potensi makanan di Indonesia, tegasnya, harus dapat dioptimalkan dengan cara memperhatikan kearifan lokal. “Dengan mengangkat kearifan lokal itu, Indonesia dapat menjadi negara kuat karena seni masakannya,” tegasnya.(TK)



binjai smart city

About Mebidangnews.com

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

Tinggalkan Komentar Anda

comments

Top