Slider[Style1]

binjai smart city

Style2

lsm peka

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

MebidangNews.com / Jakarta - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy memutuskan untuk menghapus Ujian Nasional (UN). Ujian akhir bagi sekolah bagi siswa didesentralisasikan.

Menurut Mendikbud, keputusan ini tinggal menunggu Instruksi Presiden (Inpres). "Di tahun 2017, ujian nasional ditiadakan," kata Muhadjir, Jumat (25/11/2016) seperti dikutip dari detikcom.
Ujian akhir bagi siswa sekolah SMA-SMK dan sederajat, kata Muhadjir, akan diserahkan ke pemerintah provinsi. Sedangkan level SMP dan SD sederajat diserahkan ke pemerintah kabupaten/kota.

"Pelaksanaannya tetap standard nasional. Badan Standardisasi Nasional akan mengawal, mengontrol dan mengendalikan prosesnya. Jadi tidak ada lagi suplai soal ke daerah dikawal polisi," kata mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang itu.

Kelulusan siswa akan ditentukan oleh pihak sekolah. Hasil ujian akhir jadi salah satu pertimbangan. "Jadi bukan satu-satunya faktor penentu kelulusan," kata Muhadjir.
Presiden, kata Mendikbud, sudah menyetujui dan tinggal menunggu Inpres.
"Saya sudah dipanggil Pak Presiden, sebelum jumatan tadi. Prinsipnya beliau sudah menyetujui, tinggal menunggu inpres," kata Muhadjir.

Muhadjir mengatakan, UN akan kembali digelar jika level pendidikan di Indonesia sudah merata. Sembari memoratorium UN, Kemendikbud akan mengupayakan peningkatan kualitas pendidikan agar merata se Indonesia.
"Ujian Nasional tetap akan saya lakukan sesuai dengan amanah Mahkamah Agung, kalau semua pendidikan di Indonesia sudah bagus. Makanya nanti akan dilakukan pemetaan. Kita lihat apakah perbaikan di 2017 cukup signifikan," katanya.

Begitupun, kata Muhadjir, di tahun 2017, UN belum akan diadakan. Pasalnya, untuk meningkatkan kualitas sekolah secara merata, tidak bisa dilakukan setahun dua tahun.
"Sekolah-sekolah kita yang di atas standar nasional sekarang hanya 30 persen. Itu yang harus kita treatmen,"Ungkapnya (m4)

binjai smart city

About Mebidangnews.com

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

Tinggalkan Komentar Anda

comments

Top