Slider[Style1]

binjai smart city

Style2

lsm peka

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Binjai. (MN)

Komando Distrik Milter (Kodim) 0203/Langkat menggelar deklarasi damai pasca Pilpres 2014 wilayah Kota Binjai dan Kabupaten Langkat di Ruang Data Makodim 0203/Langkat, Sabtu (19/7) pagi kemarin
 
Kegiatan dibuka Dandim 0203/Langkat Letkol (Inf) Agusman Heri itu dilaksanakan dalam rangka antisipasi terjadinya gejolak sosial di daerah pasca keputusan penetapan perolehan suara Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia (Pilpres RI) pada 22 Juli 2014 mendatang.

Acara ditandai pembacaan ikrar dipimpin oleh Ketua KPUD Kota Binjai Herry Dani, serta dilanjutkan dengan penandatanganan nota kesepakatan damai oleh unsur pemerintah daerah, satuan TNI-Polri, kejaksaan dan pengadilan negeri, penyelenggara dan pengawas pemilu, tokoh masyarakat dan alim ulama, serta masing-masing tim pemenangan kedua pasangan capres dan cawapres di Kota Binjai dan Kabupaten Langkat.

Uraiannya meliputi, kesepakatan saling menghormati antar pendukung pasangan capres dan cawapres, mematuhi peraturan pemilu dan UUD 1945, menjaga keamanan, ketertiban dan kondusifitas wilayah, menghormati kebebasan pers, menyelesaikan persoalan dengan cara musyawarah untuk mufakat, menghindari provokasi, intrik dan intimidasi, menahan diri dan mendukung hasil keputusan resmi KPU, ikhlas menerima kekalahan dan kemenangan salah satu kandidat, serta menyampaikan isi ksespakatan damai kepada masyarakat umum dan seluruh pendukung pasangan capres dan cawapres.

Hadir diantaranya, Wakil Bupati Langkat H Sulistianto, Kakesbanglinmaspol Pemko Binjai Janu A Lubis, Kapolres Binjai AKBP Marcelino Sampaouw, mewakili Kapolres Langkat AKP Syarifuddin, Kajari Binjai Wilmar Ambarita, Kajari Stabat Henderi, komisioner KPU dan Panwaslu Kabupaten/Kota dari kedua daerah, jajaran danramil dan perwira staf di lingkungan Kodim 0203/Langkat, para tokoh masyarakat dan alim ulama, serta tim pemenangan pasangan capres dan cawapres nomor urut 1 dan 2 wilayah Kota Binjai dan Kabupaten Langkat.

Dandim 0203/Langkat Letkol (Inf) Agusman Heri dalam sambutannya mengatakan, tujuan dilaksanakan deklarasi damai tidak lain untuk menjaga kondusifitas dan stabilitas keamanan di daerah saat diumumkannya perolehan suara nasional sekaligus pemenang Pilpres 2014 oleh KPU Pusat.

Melalui kegiatan itu dandim meminta seluruh elemen masyarakat dan segenap pihak terkait bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban, serta berperan aktif mewujudkan perdamaian dan kerukunan antar individu maupun kelompok.

"Mari bersama kita jauhkan segala bentuk pertikaian. Terima apapun hasil Pilpres dengan lapang dada dan kepala dingin. Paling penting, hindari konflik dan  provokasi demi menciptakan Kota Binjai dan Kabupaten Langkat yang aman, tertib, dan damai," imbau dandim.

Senada dengan itu, Wakil Bupati Langkat H Sulistianto dalam sambutannya juga meminta kepada seluruh elemen masyarakat maupun masing-masing tim pemenangan capres dan cawapres untuk berpartisipasi aktif mewujudkan pemilu damai dan demokratis, serta berkomitmen penuh menjaga kondusifitas di daerah.

"Alhamdulillah, seluruh tahapan Pilpres yang kita lalui kemarin, baik di Kabupaten Langkat maupun di Kota Binjai, berjalan dengan aman, lancar, sukses, dan tanpa ditemukan pelanggaran. Mudah-mudahan kondisi ini bisa kita pertahankan untuk masa depan bangsa yang lebih baik," ungkap Sulistianto.

Selain itu dia juga mengharapkan semua pihak agar menerima dan menghormati apapun hasil keputusan KPU Pusat pada 22 Juli 2014 mendatang, serta selalu mendukung siapapun kandidat yang terpilih sebagai Presiden Republik Indonesia ke-7, yang dipastikan akan memimpin pemerintahan baru nantinya.(Dika/MN)
Foto : Seluruh peserta saat mengucapkan ikrar deklarasi damai

binjai smart city

About Mebidangnews.com

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

Tinggalkan Komentar Anda

comments

Top