Slider[Style1]

binjai smart city

Style2

lsm peka

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

MN - Wakil Menteri ESDM, Susilo Siswo Utomo  kembali mengingatkan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN ) agar segera menyelesaikan sederet masalah krusial di sektor ketenagalistrikan nasional. Sebab, jika dibiarkan berpotensi menyebabkan krisis listrik di 2018.

Susilo menyebut salah satu masalah yang sering dihadapi PLN  adalah keterlambatan pembangunan pembangkit karena pengurusan perizinan yang lama. Masalah lahan juga selalu menjadi kendala klasik.

"Kalau hal-hal ini tidak diselesaikan maka di 2018 terjadi krisis listrik. Kita minta kepada Dirjen dan PLN  untuk sampaikan ke pemerintah masalah yang dihadapi untuk kurangi defisit listrik," ucap Susilo di Depok, Jumat (25/7).

Susilo mencontohkan saat ini pembangunan listrik di Sumatera dan Kalimantan terkendala masalah pembangunan transmisi dan akses pembangunan tower. Sedangkan di Poso pembangunan juga terkendala izin kehutanan sehingga tower tidak bisa dibangun dan sedangkan koneksi dari Palu tidak dimungkinkan.

"Sumatera Utara juga sama. Koneksi transmisi terganjal 5 transmisi di Binjai. Karena tidak bisa bangun tower. Kalau bisa maka otomatis listrik dari Utara bisa masuk Medan," tambah Susilo.

Susilo menyebut, kebutuhan listrik terus meningkat rata rata 6-10 persen. Provinsi Jawa Timur merupakan daerah paling tinggi pertumbuhan kebutuhan listriknya, mencapai 9 persen. Pembangkit yang dibangun juga disarankan menggunakan sumber energi baru dan terbarukan.

"Misalnya PLTD tapi memakai CPO. Sudah ada rencana dengan engine khusus. Usaha ini dilakukan dalam rangka memanfaatkan sumber energi. Kalau bahan bakar PLTD maka otomatis mengurangi kebutuhan solar yang dipakai PLN ," tutupnya. (merdeka)

binjai smart city

About Mebidangnews.com

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

Tinggalkan Komentar Anda

comments

Top